Strategi E-Marketing

3 Langkah Strategi E-Marketing

 

Di hari ini dan usia, pemasaran internet muncul sebagai salah satu metodologi pemasaran yang paling layak dan hemat biaya terutama untuk usaha kecil. Berikut adalah tiga langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk rencana e-marketing yang efektif.

Proses penggunaan teknologi digital untuk menjual barang atau jasa disebut e-marketing. Dengan pertumbuhan teknologi dan internet, telah menjadi keharusan bagi bisnis untuk menggunakan strategi e-marketing untuk melengkapi tradisi mereka.

E-bisnis, bagaimanapun, umumnya akan memusatkan perhatian mereka pada e-marketing saja. E-marketing menggunakan konsep dasar yang sama dengan pemasaran tradisional. Tujuannya adalah untuk merancang strategi untuk menyampaikan pesan Anda ke target pasar Anda.

Perbedaan dengan e-marketing terletak pada pilihan yang tersedia bagi Anda saat memasarkan dan mengiklankan produk, layanan, atau bisnis Anda. Tentu saja, Anda selalu dapat menggunakan metode tradisional, tetapi lebih bijaksana untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang diberikan internet.

E-marketing menghasilkan hasil yang luar biasa dalam hal peningkatan pangsa pasar, margin keuntungan yang tinggi dan perlindungan pelanggan yang berkelanjutan. Ini juga ideal untuk usaha kecil dan menengah karena e-marketing lebih terjangkau dan tidak membutuhkan banyak usaha.

Namun demikian, untuk meluncurkan kampanye pemasaran elektronik yang efektif, Anda harus terlebih dahulu membuat rencana pemasaran elektronik. Fokus dari rencana e-marketing adalah untuk memastikan respon yang tinggi dari calon pelanggan. Di bawah ini adalah ringkasan langkah-langkah untuk membuat rencana e-marketing yang efektif.

Langkah 1: Tentukan target pasar Anda

Sebelum hal lain, Anda harus mengidentifikasi pasar Anda. Beri peringkat dan buat profil mereka sesuai dan tetapkan sumber daya untuk setiap kelompok sasaran. Ketahui harapan, persyaratan, kebutuhan, dan keinginan mereka sehingga Anda memiliki gagasan tentang bagaimana melakukan promosi penjualan Anda. Ini juga akan membantu Anda dalam menentukan biaya dan memastikan manfaat yang diharapkan. Penting juga bagi Anda untuk mempelajari lingkungan pasar dan strategi pemasaran pesaing Anda, dan memberi tahu semua peluang yang memungkinkan.

Langkah 2: Tetapkan tujuan rencana pemasaran elektronik dan metode pemasaran elektronik

Anda harus segera menetapkan tujuan untuk kampanye pemasaran Anda. Apakah Anda bertujuan untuk meningkatkan kesadaran produk atau bisnis? Apakah Anda bertujuan untuk lalu lintas situs web yang lebih tinggi? Apakah Anda ingin peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari? Tujuan Anda mungkin termasuk membangun dan meningkatkan kehadiran elektronik Anda, menyebarkan informasi bisnis, dan menghasilkan prospek penjualan.

Setelah menentukan tujuan Anda, Anda harus menetapkan metode pemasaran elektronik yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda. Anda tidak disarankan untuk menggunakan satu metode saja. Itu selalu lebih bijaksana untuk menggunakan beberapa metode e-marketing.

Langkah 3: Tetapkan anggaran dan tentukan strategi Anda

Anda harus mengidentifikasi strategi dan teknik yang akan Anda gunakan untuk meluncurkan kampanye e-marketing Anda. Tentukan taktik yang akan Anda gunakan untuk menerapkan metode pemasaran Anda. Anda harus merumuskan strategi yang diarahkan untuk menangkap perhatian target pasar Anda. Anda harus memposisikan dan membedakan strategi Anda dan menetapkan prioritas Anda.

Juga sangat penting bahwa Anda dengan hati-hati menganggarkan pengeluaran Anda, terlepas dari tujuan apa yang telah Anda tetapkan dan metode apa yang ingin Anda gunakan. Pastikan bahwa biaya Anda tidak akan lepas kendali. Gunakan analisis biaya/manfaat untuk menentukan anggaran yang dapat diterima. Manfaatnya harus lebih dari sekadar mengimbangi biaya pemasaran Anda.

Analisis web menyediakan alat untuk memahami pasar Anda; dari pola perilaku dan kapasitas pembelian mereka hingga probabilitas: apa yang diinginkan pasar khusus Anda, bagaimana membuat pengunjung situs Anda terus datang kembali dan akhirnya bagaimana mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

Pemasaran internet yang berkembang pesat saat ini menjadi lebih menantang dan kompetitif tidak hanya dengan menjamurnya bisnis online, tetapi juga karena semakin banyak bisnis online yang gulung tikar segera setelah mereka mulai. Ini terutama disebabkan oleh analisis tren pasar yang buruk, demografi; dan beberapa faktor kualitatif dan kuantitatif.

— Tiga Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemasaran Online:

Ada beberapa faktor bisnis online mempertimbangkan untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan mereka. Hit, atau berapa kali situs dilihat, dulunya adalah salah satu faktor tersebut. Ini terutama mengatakan banyak tentang bagaimana peselancar web melihat situs Anda. Tapi kemudian, pemasar online ingin mengetahui lebih dari berapa kali mereka dilihat. Analisis web merancang formula yang akan membuat profil setiap pengunjung unik dan menyimpan informasi mereka untuk referensi di masa mendatang sehingga dapat juga ditentukan kapan kunjungan berulang terjadi. Dari profil ini, pemasar mendapatkan gagasan tentang tiga W penting: Siapa, Apa, dan Kapan.

Siapa – mengunjungi Anda. Siapa yang tertarik pada pandangan pertama, tetapi tidak pernah melihat halaman lain di situs Anda? Siapa yang terus Anda minati sehingga dia mendapatkan produk/jasa Anda? Siapa yang meluangkan waktu untuk mengisi formulir survei Anda atau siapa yang berhenti membeli sesuatu di tengah jalan? Saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kini Anda bisa melihat siapa saja yang bisa menjadi calon pembeli dan siapa saja yang baru mampir di situs Anda.

Apa – apa yang mereka cari yang mengarahkan mereka kepada Anda? Apakah mesin pencari yang mereka gunakan dengan benar membawa mereka kepada Anda? Jenis produk/layanan apa yang mereka butuhkan yang mungkin dapat Anda sediakan di masa depan? Dengan cara ini, Anda akan tahu produk atau layanan mana yang dapat Anda tingkatkan agar lebih sesuai dengan pengunjung Anda. Di halaman apa mereka menghabiskan sebagian besar waktunya? Apa yang menghasilkan lebih banyak pendapatan? Mungkin pencarian salah mengarahkan mereka kepada Anda tetapi melalui informasi analitik web, Anda mungkin telah menemukan spesifik mereka dan menyusun strategi rencana permainan yang akan memungkinkan Anda untuk memberi mereka apa yang mereka cari, dalam waktu dekat.

Kapan – mereka melihat situs Anda. Informasi ini adalah bagian penting dari formula Anda untuk sukses. Menentukan jam sibuk dan tidak sibuk Anda dilihat, Anda dapat merumuskan skema pemasaran yang dapat meningkatkan kunjungan situs, menurunkan rasio pentalan, dan putus.

— Bagaimana Faktor-Faktor Ini Membantu Menetralkan Pasar Anda:

Ketiga W ini akan membantu dalam menentukan bagian mana dari situs web Anda yang perlu ditingkatkan. Anda juga dapat mengetahui cara mengubah desain web Anda dengan cara yang akan lebih memenuhi ceruk pasar Anda dan memengaruhi daya beli mereka atau melakukan perubahan umum dengan menggunakan demografi audiens Anda. Anda pasti telah mengumpulkan ini dari laporan analisis web yang rumit dan terperinci. Ini juga dapat mengetahui apakah Anda menarik lalu lintas yang tepat. Jika Anda memiliki jumlah kunjungan tetapi rasio pentalan dan drop-out hampir sejajar dengan mereka, kemungkinan besar Anda menarik orang yang salah. Sejak awal pemasaran internet dan bisnis online, industri ini tidak pernah mendapat bantuan lebih dari ketika analisis web muncul.